Home » » Latihan soal 2

Latihan soal 2


1.    Jelaskan apa itu web server dan apakah kaitannya dengan e-learning dan berikan 2 contoh web server software!
Web server adalah  perangkat lunak yang berfungsi mengirimkan halaman web dan media lainnya yang diminta oleh sebuah web browser.

Kaitannya dengan e-learning adalah:
•    web server mngkn membatasi pilihan anda terhadap berbagai perangkat lainnya, hal ini karena beberapa perangkat tersebut, serperti LMS, LCMS, atau sistem sekolah virtual mengandalkan kemampuan yg disediakan oleh web server.
•    web server menyediakan beberapa kemampuan yg berguna untk e-learning, khususny untk pengambilan proyek dgn sejumlah kcl partisipan.
•    hrs mengetahui mana fitur yg hrs diaktifkan dan di non aktifkan sesuai kebutuhan e-learning.

2 Contoh web server software : Apache HTTP Server, Internet Information Services, AOLserver, Netscape Enterprise Server.

2.    Apakah perbedaan antara LMS dengan LCMS, Jelaskan!
Bda LMS dan LCMS :
LMS membantu membuat dan menawarkan pengajaran dan kurikulum. Fungsi utamanya adalah menawarkan sbh kumpulan pengajaran.

LCMS  mempermudah pembuatan, pengaturan, dan penggunaan kembali isi dari pembelajaran, yakni media, halaman, ujian, pembelajaran, dan komponen lain dr pembelajaran.

LMS mengintegrasikan pengajaran yg d krim oleh LCMS. LMS mencari pengajaran dan mengarahkan pelajar ke LCMS, yg berfungsi menampilkan pengajaran dan melacak kemajuan pelajar. Kemudian LCMS melaporkan kembali ke LMS.

Cakupan lbh luas dr LCMS, gunanya memanage e-learning (content, daftar learning, curiculum, dll).




3.    Apakah yang dimaksud dengan Collaboration tools dan berikan contohnya!
Collaboration tools adalah perangkat yg memungkinkan komunikasi tdk ttp antara pelajar yg terdistribusi. Perangkat ini membantu org bekerja dan bljr bersama2 dr kejauhan. Ini memungkinkan partisipan berbagi ide, ini merupakan dsr untk kolaborasi e-learning, e-mentoring, dan inisiatif manajemen pengetahuan.

Contoh ny :
synchrounous collaboration : voting, whiteboard,  audio conferencing, video conferencing, application sharing
asynchrounous collaboration :  email, web tour
4.    Apakah yang dimaksud dengan Virtual School? Jelaskan!
Virtual School adlh sistem yg memungkinkan penyebaran pengajaran dr instruktur dan e-learning. Merupakan perangkat yg menggabungkan kemampuan dr manajemen pembelajaran, isi, dan sistem kolaborasi.  Fungsinya untuk mengadakan pembelajaran instruktur yg mudah melalui jaringan.

5.    Jelaskan mengenai layout dan course organization!
Layout dan course organization dibagi jd 4 tingkat :
•    Level 1: Course
menampilkan nama pengajaran dan ringkasan pengajaran
•    Level 2: Chapter
membuat sebuah frame dari referensi untuk topik2 dlm tiap chapter. Frame dgn judul chapter dan ringkasan tujuan pembelajaran.
•    Level 3: Page
Semua isi, atau pengajaran, halaman harus memiliki nomor chapter dan halaman. Penomoran akan memudahkan pelajar untuk mereferensikan sebuah halaman ketika mreka ingin mendiskusikannya.
•    Level 4: Subpage.
disebut jg halaman drill-drown, digunakan untk  memperkuat pembelajaran.

6.    Mengapa kita harus memberikan “test” bagi para learner? Jelaskan jawaban anda!
Kita harus memberikan “test” bagi para learner untuk :
•    membandingkan dan mengukur kemampuan pelajar.
•    memastikan bahwa pelajar benar-benar sudah mengambil pengajaran.
•    memastikan bahwa pelajar mengetahui materi yang dibahas.

7.    Apakah Tours dan Step by Step dalam e-learning, dan mengapa itu diperlukan? Jelaskan!
Tours adalah sebuah film kecil / sederhana yang menunjukkan pergerakan mouse pada layar untuk menampilkan prosedur online yang akan digunakan para pelajar.

Step by Step adalah deskripsi singkat dari tours mengenai apa yang akan dilakukan dan sebuah gambaran seperti apa tampilannya.

Dalam e-learning, tours dan step by step  diperlukan untuk menyediakan informasi dalam berbagai pilihan format yang tersedia sehingga memudahkan pelajar dengan kemampuan yang berbeda-beda untuk menggunakan pengajaran yang sama dan mendapatkan yang mereka butuhkan dari sana.

8.    Apakah yang dimaksud dengan computer graphic dan jelaskan perbedaan dari GIF, PNG dan JPEG!
Computer graphic adalah gambar dua dan tiga dimensi yang dibuat, disimpan dalam sebuah format yg spesifik, dan dilihat pada sebuah komputer.



Perbedaan dari GIF, PNG dan JPEG :
GIF (Graphics Interchange Format) format file tetap yg, mendukung 256 warna., terdapat fitur-fitur sprti interlacing (metode penyimpanan gambar, ketika ditampilkan, kualitas gambar akan meningkat bertahap), transparency (membuat gbr ato tulisan transparan), animation (kumpulan gambar yg d tampilkan pd interval tertentu sehingga terlihat bergerak).

PNG (Portable Network Graphics)  pengganti GIF dengan dukungan warna yg lbh bnyk, biasanya digunakan untuk menyimpan  foto.

JPEG (Joint Photographic Experts Group)  mendukung 16 juta warna dengan resolusi tinggi, biasa digunakan untuk foto.

9.    Sebutkan apa sajakah yang termasuk dalam guidelines  for employing graphic!
Yang termasuk dalam guidelines for employing graphic :
•    pilihan ukuran untk menampilkan gbr d tgh halaman, dgn teks d bwhny adalah 400x400 piksel.
•    Jika ingin menampilkan gbr dlm format Adobe Acrobat (.pdf) pd 1 hlmn pnuh, ukuranny jgn melebihi 800x600 piksel.
•    Tandai pengajaran dgn menempatkan logo perusahaan anda pada pojok kiri ats dr tiap hlmn atau plg tdk pd hlmn pertama dr web pengajaran anda. Gambar sebaiknya berukuran 50x50 piksel.

10.    Jelaskan perbedaan antara course authoring tools dan Website authoring tools
•    Course authoring tools adalah alat yang bertujuan khusus untuk membuat e-learning courses. Biasanya mereka membuat page dan menambah teks, grafik, dan media lainnya juga menyediakan framework untuk mengatur page dan pelajaran agar pelajar dapat menggunakannya dengan mudah.
Sedangkan Website authoring tools tidak bekerja dengan sendirinya. Tujuan mereka adalah membuat website yang ada, yg ditawarkan oleh web server. Untuk membuat web page, mereka mengandalkan media editor untuk grafis, animasi, dan media lainnya yang ada di website.
•    Course authoring tools berbeda dalam tipe e-learning yang dibuat, kapabilitas mereka dalam memasukkan, format file yang mereka gunakan, browser apa yang mendukung dan skill yang di butuhkan.
Web site authoring tools terkadang digunakan dalam hubungannya dengan course authoring tools untuk mempersiapkan halaman yg lebih efisien daripada yg d bt Web site authoring tool.

11.    Bagaimanakah cara kerja Testing Tools!
1)    Dimulai ketika anda menggunakan testing tool untuk membuat sebuah pengujian.
2)    Menentukan pengujian dgn menetapkan pertanyaan dan jawabanny. Kemudian upload pertanyaan ke sbh server.
3)    Pelajar mengakses test sbg bagian dr pembelajaran e-learning mreka.
4)    Pelajar melakukan test.
5)    Hasilnya dilaporkan pada pelajar, dan dikirim kembali k server.
6)    Pengajar dpt mengecek hasil yg disimpan pd server scr berkala untk melihat bgmn perkembangan pelajar dlm pengajaran.


12.    Apakah yang dimaksud dengan multimedia tools, dan berikan contohnya!
Multimedia tools adalah alat yg dpt menangkap, mengedit, atau menghasilkan berbagai format dr gambar media, animasi, video. Tujuannya untuk mengkombinasikan berbagai media untk menghasilkan sebuah ciptaan.

Contohnya : Director, Flash, Fluition, GRiNS Pro Editor for SMIL, HotMedia, LiveMotion
Share this video :

0 komentar:

Posting Komentar