SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK
N 1 WONOSEGORO
MATA PELAJARAN : Produktif
Multimedia
KELAS/SEMESTER : XI
/ I
STANDAR KOMPETENSI : Menggabungkan Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
KODE KOMPETENSI : 072.KK.11
ALOKASI WAKTU : 60 X 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mengedit gambar digital
|
§ Istilah
yang benar untuk gambar digital digunakan dalam konteks yang spesifik
§ Penggunaan
range format file grafik, manajemen file dan sistem pemindahan ditampilkan secara
benar, termasuk penyimpanan, importing, exporting, dan pemindahan gambar
digital sebagai file elektronik
§ Program
software untuk mengedit grafik bitmap dan vektor kontemporer diidentifikasi
dan fitur-fiturnya dijelaskan
§ Properties
gambar vektor dan bitmap diidentifikasi dan fitur-fiturnya dijelaskan
§ Konversi
dari bitmap ke gambar vektor dan sebaliknya ditampilkan untuk pekerjaan
spesifik
§ Peralatan
scanning dioperasikan secara benar untuk mengkonversikan nada atau garis
gambar berkelanjutan ke data digital, dengan memperhatikan detil nada,
halftone, resolusi dan koreksi gambar
|
§ Gambar
digital
§ Pengoperasian
software multimedia pengolah gambar digital
§ Pemindaian
gambar
|
§ Mengidentifikasi
penyusunan gambar digital dengan benar
§ Menjelaskan
perbedaan antara gambar digital berbasis vektor dengan gambar digital
berbasis raster
§ Memahami
penggunaan format file gambar untuk kegiatan multimedia lebih lanjut
§ Mengatur
file gambar (menyimpan, mengimpor, mengekspor dan memindah)
§ Memilih
software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan
tepat
§ Menjalankan
software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
§ Mengidentifikasi
bagian-bagian software multimedia pengolah gambar dan mengetahui
penggunaannya dengan benar
§ Mempelajari
penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai
dengan kebutuhan
§ Mempelajari
sifat-sifat gambar digital yang dapat diolah lebih lanjut
§ Menjelaskan
sifat-sifat gambar digital
§ Menyimpan
gambar digital dalam format yang ditentukan
§ Mengekspor
gambar digital
§ Mengimpor
gambar digital
§ Mengkonversi
gambar digital ke format tertentu
§ Menghubungkan
alat pemindai ke komputer sesuai dengan prosedur
§ Menginstall
driver alat pemindai bila
dibutuhkan sesuai dengan prosedur
§ Menjalankan
alat pemindai gambar sesuai dengan prosedur
§ Menentukan
gambar cetak yang akan dipindai (majalah, photo, gambar tangan, koran)
§ Meletakkan
gambar cetak yang akan dipindai ke dalam alat pindai dengan benar
§ Melakukan
pemindaian gambar cetak melalui software multimedia pengolah gambar dengan
benar
§ Mengatur
opsi-opsi pemindaian sesuai dengan kebutuhan
§ Melakukan
koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital hasil pemindaian untuk
pekerjaan lebih lanjut
§ Menyimpan
gambar digital ke dalam format tertentu
§ Menutup
software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
§ Mematikan
alat pemindai gambar sesuai dengan prosedur
|
§ Observeasi
§ Ujian
lisan
§ Ujian
tulis
§ Portofolio
§ Ujian
praktek
|
3
|
10
|
2
|
§ Gambar
digital
§ Komputer
§ Software
multimedia pengolah gambar digital
§ Scanner
§ Gambar
cetak
§ Gambar
tangan
§ Komputer
|
2.
Menggunakan software grafik multimedia
2D
|
§ Software
2D yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy
atau layar)
§ Ditampilkan
pemasukan dan pengeluaran software grafik yang dipilih dan peralatan dan
fitur-fitur program digunakan secara benar
§ Pengeditan
dan manipulasi grafik ditampilkan dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
§ Grafik
disimpan dan dibuka menggunakan format file yang telah dipilih
|
§ Software
multimedia 2D berbasis vektor
§ Software
multimedia 2D berbasis raster
|
§ Memilih
software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan
tepat
§ Menjalankan
software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
§ Mengidentifikasi
bagian-bagian software multimedia pengolah gambar dan mengetahui
penggunaannya dengan benar
§ Mempelajari
penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai
dengan kebutuhan
§ Mempelajari
sifat-sifat gambar digital yang dapat diolah lebih lanjut
§ Menjelaskan
sifat-sifat gambar digital
§ Memuat
gambar digital sesuai dengan prosedur
§ Mengolah
gambar sesuai dengan kebutuhan
§ Melakukan
koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
§ Menyimpan
gambar digital dalam format yang ditentukan
§ Mengekspor
gambar digital
§ Mengimpor
gambar digital
§ Mengkonversi
gambar digital ke format tertentu
§ Menutup
software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
|
§ Observeasi
§ Ujian
lisan
§ Ujian
tulis
§ Portofolio
§ Ujian
praktek
|
3
|
10
|
4
|
§ Manual
software offline
§ Buku
pendukung
§ tutorial
online
§ Software
multimedia pengolah gambar digital
§ Komputer
|
3.
Menciptakan design grafik multimedia
2D
|
§ Suatu
design sederhana dinilai untuk solusi gambar digital yang sesuai
§ Grafik
yang menggabungkan prinsip desain diciptakan menggunakan software yang telah
dipilih untuk menghasilkan grafik vektor atau bitmap dan karya seni digital
§ Teknik
karya seni digital 2D ditampilkan termasuk cara penggunaan painting, editing
dan pallet yang benar
§ Susunan
karya seni dan mozaik digital diciptakan dengan menyesuaikan mode gambar,
resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang
sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta pemisahan warna untuk prosedur
percetakan yang relevan
§ Desain
grafik diedit (ditekankan dan ditambahkan) menggunakan teknik pemilihan yang
akurat, special effect, cropping dan resize gambar dan disimpan menggunakan
software yang telah dipilih
§ Elemen
desain grafik disatukan ke dalam rangkaian multimedia
|
§ Desain
grafis
|
§ Menggambar
rancangan desain yang akan dibuat
§ Memilih
gambar cetak yang akan digunakan
§ Memindai
gambar cetak dengan cermat
§ Mengorganisir
file-file yang dibutuhkan untuk mendesain dengan memperhatikan hak cipta yang
terdapat pada file
§ Menjalankan
software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
§ Memuat
gambar-gambar digital yang dibutuhkan
§ Mengolah
gambar digital
§ Menggabungkan
gambar digital baik yang berbasis vektor maupun yang berbasis bitmap
§ Menyusun
gambar digital dengan menyesuaikan
mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode
warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta memisahkan warna untuk prosedur percetakan yang
relevan
§ Menerapkan
spesial effect, cropping dan resize gambar
§ Menyimpan
gambar digital hasil olah ke format tertentu
§ Menyatukan
gambar digital hasil oleh ke dalam rangkaian multimedia
|
§ Observeasi
§ Ujian
lisan
§ Ujian
tulis
§ Portofolio
§ Ujian
praktek
|
3
|
10
|
4
|
§ gambar
cetak
§ software
manajemen file
§ software
multimedia pengolah gambar digital
§ alat
pemindai gambar
§ Komputer
|
4.
Menampilkan karya seni digital 2D
|
§ Grafik
diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia
§ Gambar
digital disiapkan secara professional untuk tampilan multimedia menggunakan
‘mount cutter’
§ Grafik
diberi judul dan dilaminating sesuai ukuran tampilan
§ Karya
seni digital besar yang tidak berwarna ditampilkan dibawah screened glass
atau Perspex
§ Gambar
dipublikasikan secara elektronik bila diperlukan
|
§ Karya
seni digital 2D
|
§ Menjalankan
software penguji gambar digital
§ Memuat
gambar digital hasil olah
§ Menguji
tampilan rangkaian multimedia
§ Memberikan
label pada gambar digital hasil olah
§ Mencetak
gambar digital hasil olah
§ Mengemas
gambar hasil cetak sesuai dengan kebutuhan
§ Menutup
software penguji gambar digital sesuai dengan prosedur
|
§ Observeasi
§ Ujian
lisan
§ Portofolio
§ Ujian
praktek
|
3
|
8
|
§ Software
multimedia penguji gambar digital
§ Alat
pencetak gambar digital
§ Alat
laminasi
§ Komputer
|
0 komentar:
Posting Komentar