Home » » LOMBA BPTIKP TAHUN 2013

LOMBA BPTIKP TAHUN 2013



Panduan Kegiatan
Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Blog
Lomba Pengayaan Sumber Belajar pada Website / Blog Sekolah
Jenjang Pendidikan Menengah
Tahun 2013
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH
BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN
Alamat : Jl. Prof. Dr. Hamka No. 15 Semarang 50185
Telp/Fax (024) 7602222
2
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena tahun 2013 ini Balai Pengembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dapat
menyelenggarakan  Kegiatan  Lomba  Pengayaan  Sumber  Belajar  Berbasis  Multimedia
Pembelajaran Interaktif (MPI) dan Blog serta Lomba Pengayaan Sumber Belajar pada Website
sekolah jenjang Pendidikan Menengah  di Jawa Tengah untuk ketiga kalinya.
Mengingat  jangkauan  dan  skala  kegiatannya  yang  sangat  luas,  maka  BPTIKP  memandang
penting dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota di Jawa Tengah untuk menyertakan
untuk bermitra dan berkolaborasi secara strategis dan sinergis di dalam lomba ini.  Diharapkan,
Dinas  Pendidikan  Kabupaten  /  Kota  dapat  berpartisipasi   dengan  memberikan  dukungan
berupa sosialisasi kepada sekolah di wilayahnya
Selamat bekerja dan bermitra di dalam mencerdaskan bangsa  melalui TIK. Terima kasih atas
kesiapan  dan  kesediaan  panitia  di  provinsi,  dan  peserta  untuk  mensukseskan  program
Kegiatan Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)
dan   Blog  serta  Lomba  Pengayaan  Sumber  Belajar  Website/Blog  sekolah  di  provinsi  Jawa
Tengah.
Semarang, 21 Maret 2013
KEPALA BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN
Dra. ENDANG PURNOMO RETNO, MM
Pembina
NIP. 19601013 198503 2 004
3
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pengaruh  konvergensi  dan  modernisasi  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  dengan
menggunakan  internet  telah  memungkinkan  masyarakat  untuk  mendapatkan  informasi
yang mereka inginkan dengan cara mudah dan cepat. Fenomena ini membuat masyarakat
menuntut hak untuk mendapatkan informasi secara mudah dan cepat dari penyelenggara
negara sebagaimana tercantum dalam  constitutional  rights pada setiap negara demokrasi.
Keterbukaan  informasi  publik  merupakan  pondasi  dalam  membangun  tata  pemerintahan
yang  baik  (good  governance).  Pemerintahan  yang  transparan, terbuka, dan  partisipatoris
dalam  seluruh  pengelolaan,  termasuk  seluruh  proses  pengelolaan  sumber  daya  publik
sejak dari proses pengambilan keputusan, pelaksanaan serta evaluasinya.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa
dalam  melaksanakan  profesinya,  guru  berkewajiban  meningkatkan  dan  mengembangkan
kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan
ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni.  Dengan  demikian,   seorang  guru  mampu
menciptakan proses pembelajaran yang berkesan dan bermakna. Seorang guru disamping
mampu memenuhi standar kompetensi sebagai pendidik, juga harus mampu dalam takaran
praksis mikro pembelajaran dapat melakukan analisis SK dan  KD, merumuskan indikator,
memilih  media,  menentukan  metode  yang  tepat,  mengalokasikan  waktu  penyajian  dan
memilih bahan pustaka. Salah satu dari tuntutan seperti disebutkan diatas adalah mampu
memilih media.
Seorang  guru  disamping  mampu  memilih  media,  idealnya  juga   mampu  bersinergi  dan
bekerja  sama  dalam  mengembangkan  Bahan  Ajar  menjadi  media  pembelajaran  yang
sesuai dengan karakteristik siswa yang diajar. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar
yang menarik merupakan keharusan agar proses pembelajaran tidak berlangsung dengan
menjemukan. Bahan ajar disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam
proses  pembelajaran,  menuntut  kemampuan  seorang  guru  untuk  melakukan  proses
pembelajaran  yang  dapat  meningkatkan  daya  tarik  kepada  siswa  sehingga  kinerja
pembelajaran  dapat  tercapai  pada  kondisi  optimal.  Dalam  hal  ini  kreatifitas  guru  amat
diperlukan. Kreatifitas guru dalam bersinergi dengan teknolog-teknolog pembelajaran di era
kemajuan  bidang  teknologi  informasi  dan  komunikasi  sangat  dimungkinkan  untuk
mengemas  bahan  ajar  dalam  format  digital  yang  interaktif  dengan  fasilitas  dukungan
multimedia dan dipublikasikan melalui media internet
Salah  satu  pengembangan  proses  pembelajaran  yang  inovatif  dengan  pemanfaatan
Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  (TIK)  atau  Information  Communication  and
Technology  (ICT).  Inovasi  bahan  ajar/media  pembelajaran  berbasis  TIK  yang  dimaksud
antara lain adalah bentuk atau model pembelajaran yang merupakan hasil dari inovasi dan
4
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
pengembangan  bahan  ajar  menjadi  media  pembelajaran  yang  dipublikasikan  kepada
khalayak umum melalui blog.
Sekolah,  sebagai  salah  satu  lembaga  publik,  sudah  semestinya  memberikan  perhatian
yang  cukup  terhadap  pemanfaatan  Website  sekolah  sebagai  bagian  dari  transparansi
publik, dan bagian dari pemanfaatan TIK untuk pembelajaran
Oleh  karena  itu  Dinas  Pendidikan  Provinsi  Jawa  Tengah  melalui   Balai  Pengembangan
Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  Pendidikan  (BPTIKP)  menggagas  kegiatan
pengayaan sumber belajar bagi guru dan sekolah di Provinsi Jawa Tengah
B.  Visi, Misi, dan Tujuan
a.  Visi
Menyiapkan  guru  yang  peduli,  cakap,  dan  bijak  dalam  memanfaatkan  TIK  untuk
Pembelajaran.
b.  Misi
1)  Mempersiapkan  program  pemanfaatan  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  yang
sistemik, tepat hasil dan tepat guna;
2)  Menyediakan  sumber  belajar  yang  dapat  diintegrasikan  ke  dalam  media  informasi
dan  media  komunikasi  elektronik  yang  interaktif,  atraktif,  efektif,  dan  efisien  serta
berstandar Nasional; dan
3)  Mempromosikan  model  kegiatan  terpadu  yang  mendukung  program  peningkatan
kompetensi Guru.
c.  Tujuan
1.  Memotivasi  warga  sekolah  mengembangkan  dan  mempublikasikan  bahan  belajar
interaktif mandiri
2.  Memperkaya konten pendidikan di internet
3.  Memotivasi sekolah mempublikasikan aktivitasnya
4.  Merangsang  kesadaran  warga  sekolah  akan  pentingnya  bahan  ajar  /  media
pembelajaran berbasis TIK / ICT sebagai penunjang proses pembelajaran
5.  Terbentuknya  kultur  pembelajaran  yang  inovatif  dan  kreatif  bagi  seluruh  warga
sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK
6.  Dengan  mediasi  Bahan  Ajar/Media  Pembelajaran  berbasis  TIK  dalam  proses
pembelajaran  diharapkan  berkontribusi  untuk  meningkatkan  mutu  proses
pembelajaran/pendidikan
7.  Merangsang kesadaran warga sekolah akan pentingnya keterbukaan informasi bagi
publik dan Terbentuknya kultur pengelolaan sekolah yang transparan dan akuntabel
5
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
C.  Dasar Hukum dan Kebijakan
1.  Undang-undang Nomor 10 Tahun 1950 tentang Pembentukan Provinsi Jawa Tengah
2.  Undang- Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta;
3.  Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
4.  Undang-undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah
beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang
Perubahan kedua atas UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
5.  Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen:
6.  Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional;
7.  Peraturan  Pemerintah  Nomor  38  Tahun  2007  tentang  Pembagian  Urusan
Pemerintahan  antara  Pemerintah,  Pemerintahan  Daerah  Provinsi  dan  Pemerintahan
Daerah Kabupaten/Kota ;
8.  Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan
Tata kerja Dinas Daerah Provinsi Jawa Tengah;
9.  Peraturan Gubernur Jateng No. 39 tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi serta
Tata kerja UPTD di lingkungan  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ;
10.  Peraturan  Daerah  Jawa  Tengah  Nomor  4  Tahun  2012  tentang  Penyelenggaraan
Pendidikan
11.  Dokumen  Pelaksanaan  Anggaran  (DPA)  Nomor  45/DPA-2013  tanggal  13  Desember
2012
D.  Keluaran
1.  Tersedianya sumber belajar berbasis multimedia pembelajaran Interaktif dan blog yang
dikembangkan oleh guru.
2.  Terciptanya blog / website sekolah sebagai salah satu pusat sumber belajar
3.  Terjaringnya berbagai inovasi media pembelajaran berbasis TIK yang berkualitas.
4.  Terjalinnya sinergi BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dengan sekolahsekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui pemberdayaan TIK.
E.  Sasaran
Sasaran Lomba ini terdiri atas:
1.  Sasaran  Lomba  Pengayaan  Sumber  Belajar  Berbasis  Multimedia  Pembelajaran
Interaktif (MPI) adalah guru-guru tingkat  SMA / MA ,SMK  baik Negeri dan Swasta seProvinsi Jawa Tengah.
2.  Sasaran  Lomba  Pengayaan  Sumber  Belajar  Berbasis  Blog  adalah  guru-guru  tingkat
SMA / MA ,SMK baik Negeri dan Swasta se-Provinsi Jawa Tengah.
3.  Sasaran  Lomba  Pengayaan  Sumber  Belajar  Berbasis  pada Website  Sekolah  adalah
SMA / MA ,SMK baik Negeri dan Swasta se-Provinsi Jawa Tengah.
6
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
BAB II
SKENARIO LOMBA
A.  KRITERIA PESERTA LOMBA
Kriteria peserta lomba adalah kriteria yang berlaku bagi peserta lomba;
1.  Terdaftar sebagai  Guru  SMA / MA ,SMK  negeri atau swasta yang berada di wilayah
Provinsi Jawa Tengah
2.  Memiliki  NUPTK  atau  Keterangan  Kepala  Sekolah  bahwa  NUPTK  sedang  dalam
proses
3.  Khusus untuk MPI,  Karya yang diikutsertakan belum pernah menjadi juara I, II, atau III
pada lomba serupa pada tingkat provinsi maupun nasional.
4.  Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III pada lomba serupa di BPTIKP
5.  Karya  MPI  dan  blog  guru  yang  diajukan  adalah  karya  individu,  sedangkan  Website
sekolah  adalah  karya  pendidik  atau  tenaga  kependidikan  pada  sekolah  yang
bersangkutan.
6.  Peserta  Lomba  Pengayaan Sumber Belajar Berbasis  MPI  Jenjang  Pendidikan Dasar
adalah guru SMA / MA ,SMK
7.  Peserta  Lomba  Pengayaan  Sumber  Belajar  Berbasis  Blog  Jenjang  Pendidikan
Menengah adalah  SMA / MA ,SMK
8.  Peserta  Lomba Pengayaan Sumber Belajar Pada  Website Sekolah adalah  SMA / MA
,SMK
B.  PERSYARATAN PESERTA
a. Syarat Administrasi
1.  Peserta mengisi dan melengkapi formulir lomba yang diketahui kepala sekolah
2.  Membuat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa karya adalah original
dalam ide dan kreasi.
3.  Karya lomba tidak mengandung unsur SARA
4.  Semua karya MPI yang diterima panitia menjadi hak BPTIKP Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Tengah
b. Syarat Karya Media Pembelajaran
1.  Setiap peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya
2.  Materi/bahan  ajar  yang  dikembangkan  adalah  salah  satu  kompetensi  dasar  mata
pelajaran yang diampu
3.  Karya  yang  menggunakan  bahasa  pemograman  harus  menyertakan  source  code
program.
4.  Karya disajikan dengan bahasa pengantar bahasa yang baku
7
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
5.  Karya yang dikumpulkan dikemas dalam kepingan CD dan harus dapat dijalankan
(autorun) pada spesifikasi komputer yang standar.
6.  Karya yang telah dikemas dalam bentuk CD dikumpulkan ke panitia rangkap 3.
7.  Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program
8.  Apabila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai
referensi/bahan  pelengkap  sajian,  maka  peserta  harus  mencantumkan  sumber
cuplikan tersebut.
9.  Memuat logo Provinsi Jawa Tengah
c. Syarat Blog Guru
1.  Setiap peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya
2.  Dapat  mengunakan  blog  yang  sudah  ada  atau  sudah  tertulis  sebelumnya  (tidak
dipersyaratkan untuk dibuat pada tanggal tertentu).
3.  Tema blog terkait dengan pembelajaran
4.  Blog  memuat  tautan  (link)  ke  http://bptikp-jateng.net/,   dan
http://www.pdkjateng.go.id/
5.  Blog berisi :
a)  informasi tentang penulis atau profil guru.
b)  perangkat pembelajaran lengkap, meliputi silabus, prota, promes, dan rpp mata
pelajaran / kelas yang diampu
c)  bahan/materi  ajar  yang  siap  dibaca  atau  dipelajari  oleh  siswa  dalam  bentuk
paparan secara lengkap, disertai soal dan pembahasannya.(minimal 1 semester)
6.  Karya disajikan dengan bahasa pengantar bahasa baku;
7.  Dapat  dikembangkan  dengan  menggabungkan,  mensinergikan  elemen-elemen
multimedia seperti teks, suara, gambar, animasi dan video.
8.  Posting  yang  dilakukan  diutamakan  adalah  hasil  karya  sendiri.  Apabila  dalam
pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan
pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
d.  Syarat Blog / Website Sekolah
1.  Setiap sekolah hanya dapat mengirimkan 1 karya
2.  Blog  dan  website  memuat  tautan  (link)  ke  http://bptikp-jateng.net/,   dan
http://www.pdkjateng.go.id/
3.  Blog / website harus berisi :
  informasi tentang sekolah ; meliputi nama, alamat, kontak, visi, dan misi
  informasi pendidik dan tenaga kependidikan
  kurikulum, dan perangkat pembelajaran.
  Fasilitas e-learning
8
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
  Informasi siswa dan alumni serta tautan dengan blog guru, siswa, dan alumni
4.  Karya disajikan dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia baku;
5.  Dapat  dikembangkan  dengan  menggabungkan,  mensinergikan  elemen-elemen
multimedia seperti teks, suara, gambar, animasi dan video.
6.  Memuat Logo sekolah.
C.  TAHAPAN LOMBA
1.  Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis MPI
No  Hari / tanggal  Agenda  Tempat
1  1 – 30 April  Sosialisasi lomba   Jawa Tengah
2  1 April – 3 Agustus  Menerima karya lomba   BPTIKP
3  26  –  27 Agustus
Seleksi Tahap I dan penetapan 35
nominator guru
BPTIKP
4  9 – 10 September
Presentasi dan wawancara 35 nominator
guru dan penetapan pemenang
BPTIKP
5  18 September
Seminar
Penyerahan Hadiah oleh Kepala Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Gedung PKK
Ungaran Semarang
6  19 September  Diseminasi
Gedung PKK
Ungaran Semarang
2.  Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Blog
No  Hari / tanggal  Agenda  Tempat
1  1 – 30 April  Sosialisasi lomba   Jawa Tengah
2  1 April – 3 Agustus  Menerima karya lomba   BPTIKP
3  28  –  29 Agustus
Seleksi Tahap I dan penetapan 35
nominator
BPTIKP
4  10 – 11 September
Presentasi dan wawancara 35 nominator
dan penetapan pemenang
BPTIKP
5  18 September
Seminar
Penyerahan Hadiah oleh Kepala Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Gedung PKK
Ungaran Semarang
6  19 September  Diseminasi
Gedung PKK
Ungaran Semarang
3.  Lomba Pengayaan Sumber Belajar Pada Website Sekolah
No  Hari / tanggal  Agenda  Tempat
1  1 – 30 April  Sosialisasi lomba   Jawa Tengah
2  1 April – 3 Agustus  Menerima karya lomba   BPTIKP
9
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
3  30 – 31 Agustus
Seleksi Tahap I dan penetapan 35
nominator
BPTIKP
4  11 – 12 September
Presentasi dan wawancara 35 nominator
dan penetapan pemenang
BPTIKP
5  18 September
Seminar
Penyerahan Hadiah oleh Kepala Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Gedung PKK Ungaran
Semarang
6  19 September  Diseminasi
Gedung PKK Ungaran
Semarang
D.  ASPEK PENILAIAN
1.  MPI
a.  Aspek Produksi (90%)
Rekayasa Perangkat Lunak
Desain Pembelajaran
Desain Komunikasi Visual
b.  Aspek Aplikasi Produk (10%)
Video / foto yang menunjukkan pemanfaatan karya ini di kelas
2.  Blog Guru
1.  Desain visual (pemilihan tema/themes) (10%).
2.  Profil Guru (5%).
3.  Perangkat pembelajaran (25%)
4.  Artikel  Mata  Pelajaran  (Kesesuaian  dengan  kurikulum,  kemudahan,  keterbacaan,
kelengkapan  materi,  tambahan  foto,  gambar,  animasi,  video  serta  latihan,  dan
pembahasan soal) (50%).
5.  Interaktivitas  (Komentar  pad  blog,  navigasi  ke  artikel-artikel  di  dalam  dan  di  luar
blog) (10%).
3.  Website Sekolah
1.  Desain visual (pemilihan tema/themes) (10%).
2.  Profil Sekolah (5%).
3.  Perangkat pembelajaran (25%)
4.  Blog  guru  yang  tertaut  dan  memiliki  perangkat  pembelajaran  serta  Artikel  Mata
(10%).
5.  Fasilitas e-learning (40%)
6.  Interaktivitas  (Komentar  pada  blog,  navigasi  ke  artikel-artikel  di  dalam  dan  di  luar
blog) (10%).
10
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
E.  HADIAH DAN PENGHARGAAN
Hadiah dan penghargaan bagi peserta :
  Juara I : mendapatkan Trophy, Uang Pembinaan sebesar Rp.  5.000.000,00 ,  sertifikat
dan menjadi nara sumber pada Seminar yang diselenggarakan oleh BPTIKP.
  Juara II : mendapatkan Trophy, uang pembinaan sebesar Rp.4.000.000,00 dan sertifikat
  Juara III : mendapatkan Trophy, uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,00 dan
sertifikat
  nominator lainnya akan mendapatkan sertifikat
F.  PROSEDUR PENDAFTARAN
  Peserta mengisi formulir dan surat pernyataan yang dapat diunduh di website BPTIKP
  Peserta Lomba MPI mengirimkan karya yang dilombakan dalam keping CD (dikopi 3
keping) disertai formulir dan surat pernyataan
  Peserta Lomba Pengayaan Sumber Belajar Berbasis Blog dan Lomba Pengayaan
Sumber Belajar Pada Blog / Website Sekolah mengirimkan formulir dan pernyataan
yang telah diisi dan ditandatangani  ke bptikp@gmail.com
   Formulir dan pernyataan asli harus dibawa saat yang bersangkutan masuk nominasi
dan mengikuti presentasi dan wawancara.
G.  SEKRETARIAT PANITIA LOMBA
BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Jl. Prof Dr. Hamka No. 15 Ngaliyan, Semarang 
Telepon /Fax  :  024 7602222 ext 106
Website   :  http://bptikp-jateng.net dan http://lomba.bptikp-jateng.net/
Email / YM  :  bptikp@gmail.com
Facebook  :  facebook.com/bptikpjateng
Contact Person  :  hp : 085742218443 / pin : 3269059D
11
Lomba Pengayaan Sumber Belajar jenjang Dikmen   Tahun 2013
BAB III
PENUTUP
Demikian  panduan  ini disusun sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan, dengan harapan agar
kegiatan  ini  mendapat  dukungan  dan  partisipasi  dari  semua  pihak,  terutama  guru  di  Jawa
Tengah.
Usul, saran, dan masukan untuk suksesnya kegiatan ini dapat disampaikan melalui sekretariat
panitia.
Share this video :

0 komentar:

Posting Komentar