R P P
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PELAJARAN
PRODUKTIF MULTIMEDIA
STANDAR KOMPETENSI
KELAS XI
SEMESTER 1
SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
SMK : SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata
Pelajaran : Produktif Multimedia
Standar Kompetensi : Menggabungkan
Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas
/ Semester : XI / 1
Pertemua
ke- : 1
Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
Kompetensi : Mengedit gambar digital
Indikator :
- Menggunakan istilah yang benar untuk
gambar digital dalam konteks yang spesifik
-
Menggunaan range format file grafik, manajemen
file dan sistem pemindahan ditampilkan secara benar, termasuk penyimpanan,
importing, exporting, dan pemindahan gambar digital sebagai file elektronik
-
Mengiidentifikasi Program software untuk
mengedit grafik bitmap dan vektor kontemporer dan fitur-fiturnya dijelaskan
-
Mengidentifikasi Properties gambar vektor dan
bitmap dan fitur-fiturnya dijelaskan
-
Menampilkan tampilan Konversi dari bitmap ke
gambar vektor dan sebaliknya untuk pekerjaan spesifik
-
Mengoperasikan Peralatan scanning secara benar
untuk mengkonversikan nada atau garis gambar berkelanjutan ke data digital,
dengan memperhatikan detil nada, halftone, resolusi dan koreksi gambar
I . Tujuan Pembelajaran
|
1. Peserta
diklat dapat Mengedit gambar digital
|
F Karakter
siswa yang diharapkan :
1.
Disiplin ( discipline )
2.
Tekun ( diligence )
3.
Tanggung jawab ( responsibility )
4.
Ketelitian ( carefulness)
5.
Kerja sama ( cooperation )
6.
Toleransi ( tolerance )
7.
Percaya diri ( confidence )
8.
Keberanian ( bravery )
|
II
. Materi Ajar
|
·
Gambar digital
·
Pengoperasian software multimedia pengolah
gambar digital
·
Pemindaian gambar
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
Tatap Muka, Praktek
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal ;
B.
Kegiatan Inti ;
C.
Kegiatan akhir ;
|
1.
Salam pembuka.
2.
Mengidentifikasi penyusunan gambar digital dengan
benar
a.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan penyusun gambar digital dengan
benar
·
Menjelaskan perbedaan antara gambar digital
berbasis vektor dengan gambar digital berbasis raster
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
siswa :
·
Memahami penggunaan format file gambar untuk
kegiatan multimedia lebih lanjut
·
Mengatur file gambar (menyimpan, mengimpor,
mengekspor dan memindah)
·
Memilih software multimedia pengolah gambar
digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
·
Menjalankan software multimedia pengolah
gambar sesuai dengan prosedur
·
Mengidentifikasi bagian-bagian software
multimedia pengolah gambar dan mengetahui penggunaannya dengan benar
·
Mempelajari penggunaan fitur-fitur yang
tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai dengan kebutuhan
·
Mempelajari sifat-sifat gambar digital yang
dapat diolah lebih lanjut
·
Menjelaskan sifat-sifat gambar digital
·
Menyimpan gambar digital dalam format yang
ditentukan
·
Mengekspor gambar digital
·
Mengimpor gambar digital
·
Mengkonversi gambar digital ke format tertentu
·
Menghubungkan alat pemindai ke komputer sesuai
dengan prosedur
·
Menginstall driver alat pemindai bila
dibutuhkan sesuai dengan prosedur
·
Menjalankan alat pemindai gambar sesuai dengan
prosedur
·
Menentukan gambar cetak yang akan dipindai
(majalah, photo, gambar tangan, koran)
·
Meletakkan gambar cetak yang akan dipindai ke
dalam alat pindai dengan benar
·
Melakukan pemindaian gambar cetak melalui
software multimedia pengolah gambar dengan benar
·
Mengatur opsi-opsi pemindaian sesuai dengan
kebutuhan
·
Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat
gambar digital hasil pemindaian untuk pekerjaan lebih lanjut
·
Menyimpan gambar digital ke dalam format
tertentu
·
Menutup software multimedia pengolah gambar
sesuai dengan prosedur
·
Mematikan alat pemindai gambar sesuai dengan
prosedur
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
·
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
1.
Guru memberikan hasil perbedaan antara gambar digital
berbasis vector dengan gambar digital berbasis raster
2.
Penutup
|
V . Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
Gambar digital, Komputer,
Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar
tangan
Komputer
|
VI.
Penilaian :
|
|
Uji Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji
Pengetahuan
2. Uji
Pemahaman
|
1. Pertanyaan
Bebas
|
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Suyatna, S.Pd,M.Pd
NIP. 19670512 198903 1 008
|
|
Guru Mata Pelajaran,
Heri Purwanto
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
SMK : SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata
Pelajaran : Produktif Multimedia
Standar Kompetensi : Menggabungkan
Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemua
ke- : 2
Alokasi
Waktu : 10 X 45 Menit Tatap Muka
44
X 45 Menit Praktikum
Kompetensi : Menggunakan software grafik multimedia 2D
Indikator :
- Menilai
dan memilih Software 2D yang sesuai untuk media yang diperlukan (hard copy atau
layar)
-
Menampilkantampilkan pemasukan dan pengeluaran
software grafik yang dipilih dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan
secara benar
-
Mengedit dan memanipulasi grafik ditampilkan dan
peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
-
Menyimpan dan membuka Grafik menggunakan format
file yang telah dipilih
I . Tujuan Pembelajaran
|
Peserta diklat dapat Menggunakan software grafik
multimedia 2D
|
II
. Materi Ajar
|
Desain
grafis
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
1. Tatap
Muka
2. Praktikum
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal ;
B.
Kegiatan Inti ;
C.
Kegiatan akhir ;
|
1.
Salam pembuka.
2.
Memilih software multimedia pengolah gambar digital
sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
a.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Memilih software multimedia pengolah gambar
digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
·
Menjalankan software multimedia pengolah
gambar sesuai dengan prosedur
·
Menjelaskan bagian-bagian software multimedia
pengolah gambar dan mengetahui penggunaannya dengan benar
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
siswa :
·
Mempelajari penggunaan fitur-fitur yang
tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai dengan kebutuhan
·
Mempelajari sifat-sifat gambar digital yang
dapat diolah lebih lanjut
·
Menjelaskan sifat-sifat gambar digital
·
Memuat gambar digital sesuai dengan prosedur
·
Mengolah gambar sesuai dengan kebutuhan
·
Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat
gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
·
Menyimpan gambar digital dalam format yang
ditentukan
·
Mengekspor gambar digital
·
Mengimpor gambar digital
·
Mengkonversi gambar digital ke format tertentu
·
Menutup software multimedia pengolah gambar
sesuai dengan prosedur
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
·
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
1.
Guru memberikan tampilkan pemasukan dan pengeluaran
software grafik yang dipilih dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan
secara benar
2.
Penutup
|
V .
Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
Gambar digital, Komputer,
Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar
tangan
Komputer
|
VII.
Penilaian :
|
|
Uji Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji
Pengetahuan
2. Uji
Pemahaman
3. Uji
Praktikum
|
1. Pertanyaan
Bebas
|
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Suyatna, S.Pd,M.Pd
NIP. 19670512 198903 1 008
|
|
Guru Mata Pelajaran,
Heri Purwanto
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
SMK : SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata
Pelajaran : Produktif Multimedia
Standar Kompetensi : Menggabungkan
Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas
/ Semester : XI / 1
Pertemua
ke- : 3
Alokasi
Waktu : 12 X 45 Menit Tatap Muka & Simulasi
44
x 45 Menit Praktikum
Kompetensi : Menciptakan design grafik multimedia 2D
Indikator :
- Menilai
Suatu design sederhana untuk solusi gambar digital yang sesuai
-
Menggabungkan Grafik yang prinsip desain
diciptakan menggunakan software yang telah dipilih untuk menghasilkan grafik
vektor atau bitmap dan karya seni digital
-
Menampilkan Teknik karya seni digital 2D
termasuk cara penggunaan painting, editing dan pallet yang benar
-
Menyusun karya seni dan mozaik digital
diciptakan dengan menyesuaikan mode gambar, resolusi, modifikasi gambar
menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan membuat
halftone serta pemisahan warna untuk prosedur percetakan yang relevan
-
Mengedit Desain grafik (ditekankan dan
ditambahkan) menggunakan teknik pemilihan yang akurat, special effect, cropping
dan resize gambar dan disimpan menggunakan software yang telah dipilih
-
Menyatukan Elemen desain grafik ke dalam
rangkaian multimedia
I . Tujuan Pembelajaran
|
Peserta diklat dapat Menciptakan design grafik
multimedia 2D
|
II
. Materi Ajar
|
Desain grafis
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
1. Tatap
Muka
2. Praktikum
|
. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal ;
B.
Kegiatan Inti ;
C.
Kegiatan akhir ;
|
1.
Salam pembuka.
2.
Menggambar rancangan desain yang akan dibuat
a.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan rancangan desain yang akan dibuat
·
Menentukan gambar cetak yang akan digunakan
·
Menjelaskan cara Memindai gambar cetak dengan
cermat
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
siswa :
·
Mengorganisir file-file yang dibutuhkan untuk
mendesain dengan memperhatikan hak cipta yang terdapat pada file
·
Menjalankan software multimedia pengolah
gambar sesuai dengan prosedur
·
Memuat gambar-gambar digital yang dibutuhkan
·
Mengolah gambar digital
·
Menggabungkan gambar digital baik yang
berbasis vektor maupun yang berbasis bitmap
·
Menyusun gambar digital dengan menyesuaikan
mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode
warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta memisahkan warna
untuk prosedur percetakan yang relevan
·
Menerapkan spesial effect, cropping dan resize
gambar
·
Menyimpan gambar digital hasil olah ke format
tertentu
d.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
·
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
1.
Menyatukan gambar digital hasil oleh ke dalam
rangkaian multimedia
1.
Guru memberikan Menilai Suatu design sederhana untuk
solusi gambar digital yang sesuai dan tugas
2.
Penutup
|
V .
Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
Gambar digital, Komputer,
Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar
tangan
Komputer
|
VIII.
Penilaian :
|
|
Uji Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji
Pengetahuan
2. Uji
Pemahaman
3. Uji
Praktikum
|
1. Pertanyaan
Bebas
|
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Suyatna, S.Pd,M.Pd
NIP. 19670512 198903 1 008
|
|
Guru Mata Pelajaran,
Heri Purwanto
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
SMK : SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata
Pelajaran : Produktif Multimedia
Standar Kompetensi : Menggabungkan
Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas
/ Semester : XI / 1
Pertemua
ke- : 4
Alokasi
Waktu : 3 X 45 Menit Tatap Muka & Simulasi
16
x 45 Menit Praktikum
Kompetensi : Menampilkan karya seni digital 2D
Indikator : - menguji
dan Menjalankan Grafik sebagai bagian dari tampilan multimedia
-
menyiapkan Gambar digital secara professional
untuk tampilan multimedia menggunakan ‘mount cutter’
-
memberi Grafik judul dan dilaminating sesuai
ukuran tampilan
-
Menampilkan Karya seni digital besar yang tidak
berwarna dibawah screened glass atau Perspex
-
Mempublikasikan Gambar secara elektronik bila
diperlukan
I . Tujuan Pembelajaran
|
Peserta diklat dapat Menampilkan karya seni digital 2D
|
II
. Materi Ajar
|
Karya seni digital 2D
|
|
III. Metode Pembelajaran
|
1. Tatap
Muka
2. Praktikum
|
. Langkah-langkah Pembelajaran
D.
Kegiatan Awal ;
E.
Kegiatan Inti ;
F.
Kegiatan akhir ;
|
1.
Salam pembuka.
2.
Menjalankan software penguji gambar digital
a.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjalankan software penguji gambar digital
·
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
siswa :
·
Memuat gambar digital hasil olah
·
Menguji tampilan rangkaian multimedia
·
Memberikan label pada gambar digital hasil
olah
·
Mencetak gambar digital hasil olah
·
Mengemas gambar hasil cetak sesuai dengan
kebutuhan
·
Menutup software penguji gambar digital sesuai
dengan prosedur
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
·
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
1.
Guru memberi nilai Karya seni digital 2D oleh
siswa
2. Penutup
|
V .
Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
Gambar digital, Komputer,
Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar
tangan
Komputer
|
IX.
Penilaian :
|
|
Uji Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji
Pengetahuan
2. Uji
Pemahaman
3. Uji
Praktikum
|
1. Pertanyaan
Bebas
|
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Suyatna, S.Pd,M.Pd
NIP. 19670512 198903 1 008
|
|
Guru Mata Pelajaran,
Heri Purwanto
|
0 komentar:
Posting Komentar