Home » » RPP Gambar 2 Dimensi

RPP Gambar 2 Dimensi



R P P

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





PELAJARAN
PRODUKTIF MULTIMEDIA


STANDAR KOMPETENSI

KELAS XI
SEMESTER 1



















SMK NEGERI 1 WONOSEGORO



2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama SMK                          :     SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata Pelajaran                     :     Produktif Multimedia
Standar Kompetensi            :     Menggabungkan Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas / Semester                   :     XI / 1
Pertemua ke-                        :     1
Alokasi Waktu                     :     2 X 45 Menit
                          Kompetensi                          :     Mengedit gambar digital
                          Indikator                              :     - Menggunakan istilah yang benar untuk gambar digital dalam konteks yang spesifik
-      Menggunaan range format file grafik, manajemen file dan sistem pemindahan ditampilkan secara benar, termasuk penyimpanan, importing, exporting, dan pemindahan gambar digital sebagai file elektronik
-      Mengiidentifikasi Program software untuk mengedit grafik bitmap dan vektor kontemporer dan fitur-fiturnya dijelaskan
-      Mengidentifikasi Properties gambar vektor dan bitmap dan fitur-fiturnya dijelaskan
-      Menampilkan tampilan Konversi dari bitmap ke gambar vektor dan sebaliknya untuk pekerjaan spesifik
-      Mengoperasikan Peralatan scanning secara benar untuk mengkonversikan nada atau garis gambar berkelanjutan ke data digital, dengan memperhatikan detil nada, halftone, resolusi dan koreksi gambar


I   . Tujuan Pembelajaran



1.      Peserta diklat dapat Mengedit gambar digital

F Karakter siswa yang diharapkan :

1.      Disiplin ( discipline )
2.      Tekun ( diligence )
3.      Tanggung jawab ( responsibility )
4.      Ketelitian ( carefulness)
5.      Kerja sama ( cooperation )
6.      Toleransi ( tolerance )
7.      Percaya diri ( confidence )
8.      Keberanian ( bravery )


II  . Materi Ajar
·         Gambar digital
·         Pengoperasian software multimedia pengolah gambar digital
·         Pemindaian gambar


III.  Metode Pembelajaran

Tatap Muka, Praktek





IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Awal ;




B.     Kegiatan Inti ;













































































C.     Kegiatan akhir ;




1.      Salam pembuka.
2.      Mengidentifikasi penyusunan gambar digital dengan benar


a.      Eksplorasi
     Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan penyusun gambar digital dengan benar
·         Menjelaskan perbedaan antara gambar digital berbasis vektor dengan gambar digital berbasis raster
b.      Elaborasi
     Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
·         Memahami penggunaan format file gambar untuk kegiatan multimedia lebih lanjut
·         Mengatur file gambar (menyimpan, mengimpor, mengekspor dan memindah)
·         Memilih software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
·         Menjalankan software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
·         Mengidentifikasi bagian-bagian software multimedia pengolah gambar dan mengetahui penggunaannya dengan benar
·         Mempelajari penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai dengan kebutuhan
·         Mempelajari sifat-sifat gambar digital yang dapat diolah lebih lanjut
·         Menjelaskan sifat-sifat gambar digital
·         Menyimpan gambar digital dalam format yang ditentukan
·         Mengekspor gambar digital
·         Mengimpor gambar digital
·         Mengkonversi gambar digital ke format tertentu
·         Menghubungkan alat pemindai ke komputer sesuai dengan prosedur
·         Menginstall driver alat pemindai bila dibutuhkan sesuai dengan prosedur
·         Menjalankan alat pemindai gambar sesuai dengan prosedur
·         Menentukan gambar cetak yang akan dipindai (majalah, photo, gambar tangan, koran)
·         Meletakkan gambar cetak yang akan dipindai ke dalam alat pindai dengan benar
·         Melakukan pemindaian gambar cetak melalui software multimedia pengolah gambar dengan benar
·         Mengatur opsi-opsi pemindaian sesuai dengan kebutuhan
·         Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital hasil pemindaian untuk pekerjaan lebih lanjut
·         Menyimpan gambar digital ke dalam format tertentu
·         Menutup software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
·         Mematikan alat pemindai gambar sesuai dengan prosedur
c.       Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi:
·         guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

1.      Guru memberikan hasil perbedaan antara gambar digital berbasis vector dengan gambar digital berbasis raster
2.      Penutup



 V .   Alat / Bahan / Sumber Belajar
Gambar digital, Komputer, Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar tangan
Komputer


VI.             Penilaian :

Uji Kompetensi
Materi

1. Uji Pengetahuan
2. Uji Pemahaman


1. Pertanyaan Bebas







Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO




Suyatna, S.Pd,M.Pd
       NIP. 19670512 198903 1 008             


Guru Mata Pelajaran,





Heri Purwanto



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama SMK                          :     SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata Pelajaran                     :     Produktif Multimedia
Standar Kompetensi            :     Menggabungkan Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas / Semester                   :     XI / 1
Pertemua ke-                        :     2
Alokasi Waktu                     :     10 X 45 Menit Tatap Muka
                                                   44 X 45 Menit Praktikum
                          Kompetensi                          :     Menggunakan software grafik multimedia 2D
                          Indikator                              :     -     Menilai dan memilih Software 2D yang sesuai untuk media yang diperlukan (hard copy atau layar)
-      Menampilkantampilkan pemasukan dan pengeluaran software grafik yang dipilih dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
-      Mengedit dan memanipulasi grafik ditampilkan dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
-      Menyimpan dan membuka Grafik menggunakan format file yang telah dipilih


I   . Tujuan Pembelajaran



Peserta diklat dapat Menggunakan software grafik multimedia 2D


II  . Materi Ajar
Desain grafis

III.  Metode Pembelajaran

1.      Tatap Muka
2.      Praktikum





IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Awal ;





B.     Kegiatan Inti ;



















































C.     Kegiatan akhir ;




1.      Salam pembuka.
2.      Memilih software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat


a.      Eksplorasi
     Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Memilih software multimedia pengolah gambar digital sesuai dengan kebutuhan dengan tepat
·         Menjalankan software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
·         Menjelaskan bagian-bagian software multimedia pengolah gambar dan mengetahui penggunaannya dengan benar
b.      Elaborasi
     Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
·         Mempelajari penggunaan fitur-fitur yang tersedia untuk menghasilkan gambar digital sesuai dengan kebutuhan
·         Mempelajari sifat-sifat gambar digital yang dapat diolah lebih lanjut
·         Menjelaskan sifat-sifat gambar digital
·         Memuat gambar digital sesuai dengan prosedur
·         Mengolah gambar sesuai dengan kebutuhan
·         Melakukan koreksi dan mengatur sifat-sifat gambar digital untuk pekerjaan lebih lanjut
·         Menyimpan gambar digital dalam format yang ditentukan
·         Mengekspor gambar digital
·         Mengimpor gambar digital
·         Mengkonversi gambar digital ke format tertentu
·         Menutup software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur

c.       Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi:
·         guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
1.      Guru memberikan tampilkan pemasukan dan pengeluaran software grafik yang dipilih dan peralatan dan fitur-fitur program digunakan secara benar
2.      Penutup




 V .   Alat / Bahan / Sumber Belajar
Gambar digital, Komputer, Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar tangan
Komputer


VII.          Penilaian :

Uji Kompetensi
Materi

1. Uji Pengetahuan
2. Uji Pemahaman
3. Uji Praktikum


1. Pertanyaan Bebas






Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO





Suyatna, S.Pd,M.Pd
       NIP. 19670512 198903 1 008             


Guru Mata Pelajaran,






Heri Purwanto




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama SMK                          :     SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata Pelajaran                     :     Produktif Multimedia
Standar Kompetensi            :     Menggabungkan Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas / Semester                   :     XI / 1
Pertemua ke-                        :     3
Alokasi Waktu                     :     12 X 45 Menit Tatap Muka & Simulasi
                                                   44 x 45 Menit Praktikum
                          Kompetensi                          :     Menciptakan design grafik multimedia 2D
                          Indikator                              :     -     Menilai Suatu design sederhana untuk solusi gambar digital yang sesuai
-      Menggabungkan Grafik yang prinsip desain diciptakan menggunakan software yang telah dipilih untuk menghasilkan grafik vektor atau bitmap dan karya seni digital
-      Menampilkan Teknik karya seni digital 2D termasuk cara penggunaan painting, editing dan pallet yang benar
-      Menyusun karya seni dan mozaik digital diciptakan dengan menyesuaikan mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta pemisahan warna untuk prosedur percetakan yang relevan
-      Mengedit Desain grafik (ditekankan dan ditambahkan) menggunakan teknik pemilihan yang akurat, special effect, cropping dan resize gambar dan disimpan menggunakan software yang telah dipilih
-      Menyatukan Elemen desain grafik ke dalam rangkaian multimedia


I   . Tujuan Pembelajaran



Peserta diklat dapat Menciptakan design grafik multimedia 2D


II  . Materi Ajar
Desain grafis

III.  Metode Pembelajaran

1.      Tatap Muka
2.      Praktikum





.  Langkah-langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Awal ;




B.     Kegiatan Inti ;


















































C.     Kegiatan akhir ;




1.      Salam pembuka.
2.      Menggambar rancangan desain yang akan dibuat


a.      Eksplorasi
     Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan rancangan desain yang akan dibuat
·         Menentukan gambar cetak yang akan digunakan
·         Menjelaskan cara Memindai gambar cetak dengan cermat

b.      Elaborasi
     Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
·         Mengorganisir file-file yang dibutuhkan untuk mendesain dengan memperhatikan hak cipta yang terdapat pada file
·         Menjalankan software multimedia pengolah gambar sesuai dengan prosedur
·         Memuat gambar-gambar digital yang dibutuhkan
·         Mengolah gambar digital
·         Menggabungkan gambar digital baik yang berbasis vektor maupun yang berbasis bitmap
·         Menyusun gambar digital dengan menyesuaikan mode gambar, resolusi, modifikasi gambar menggunakan filter, memilih mode warna yang sesuai untuk hasil dan membuat halftone serta memisahkan warna untuk prosedur percetakan yang relevan
·         Menerapkan spesial effect, cropping dan resize gambar
·         Menyimpan gambar digital hasil olah ke format tertentu
d.      Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi:
·         guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

1.      Menyatukan gambar digital hasil oleh ke dalam rangkaian multimedia

1.      Guru memberikan Menilai Suatu design sederhana untuk solusi gambar digital yang sesuai dan tugas
2.      Penutup


 V .   Alat / Bahan / Sumber Belajar
Gambar digital, Komputer, Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar tangan
Komputer


VIII.       Penilaian :



Uji Kompetensi
Materi

1. Uji Pengetahuan
2. Uji Pemahaman
3. Uji Praktikum


1. Pertanyaan Bebas





Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO




Suyatna, S.Pd,M.Pd
       NIP. 19670512 198903 1 008             


Guru Mata Pelajaran,





Heri Purwanto




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama SMK                          :     SMK NEGERI 1 WONOSEGORO
Mata Pelajaran                     :     Produktif Multimedia
Standar Kompetensi            :     Menggabungkan Gambar 2D Ke Dalam Sajian Multimedia
Kelas / Semester                   :     XI / 1
Pertemua ke-                        :     4
Alokasi Waktu                     :     3 X 45 Menit Tatap Muka & Simulasi
                                                   16 x 45 Menit Praktikum
                          Kompetensi                          :     Menampilkan karya seni digital 2D
                  Indikator                              :     -     menguji dan Menjalankan Grafik sebagai bagian dari tampilan multimedia
-      menyiapkan Gambar digital secara professional untuk tampilan multimedia menggunakan ‘mount cutter’
-      memberi Grafik judul dan dilaminating sesuai ukuran tampilan
-      Menampilkan Karya seni digital besar yang tidak berwarna dibawah screened glass atau Perspex
-      Mempublikasikan Gambar secara elektronik bila diperlukan


I   . Tujuan Pembelajaran



Peserta diklat dapat Menampilkan karya seni digital 2D


II  . Materi Ajar
Karya seni digital 2D

III.  Metode Pembelajaran

1.      Tatap Muka
2.      Praktikum





.  Langkah-langkah Pembelajaran

D.    Kegiatan Awal ;




E.     Kegiatan Inti ;































F.      Kegiatan akhir ;




1.      Salam pembuka.
2.      Menjalankan software penguji gambar digital

a.      Eksplorasi
     Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjalankan software penguji gambar digital
·          
b.      Elaborasi
     Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
·         Memuat gambar digital hasil olah
·         Menguji tampilan rangkaian multimedia
·         Memberikan label pada gambar digital hasil olah
·         Mencetak gambar digital hasil olah
·         Mengemas gambar hasil cetak sesuai dengan kebutuhan
·         Menutup software penguji gambar digital sesuai dengan prosedur

c.       Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi:
·         guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

1.    Guru memberi nilai Karya seni digital 2D oleh siswa
2.    Penutup


 V .   Alat / Bahan / Sumber Belajar
Gambar digital, Komputer, Software multimedia pengolah gambar digital, Scanner, Gambar cetak, Gambar tangan
Komputer


IX.             Penilaian :



Uji Kompetensi
Materi

1. Uji Pengetahuan
2. Uji Pemahaman
3. Uji Praktikum


1. Pertanyaan Bebas





Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 WONOSEGORO




Suyatna, S.Pd,M.Pd
       NIP. 19670512 198903 1 008             


Guru Mata Pelajaran,





Heri Purwanto



Share this video :

0 komentar:

Posting Komentar